Senin, 29 Januari 2018

[Review] Justice League Multiverse 6" Batman Walmart Exclusive Figure.


Overview Figure.
Ukuran tinggi: ± 17 cm.
Pabrikan: Mattel.
Artikulasi: 26 sendi.
Bahan: Plastik.
Tahun produksi: 2017.
Kisaran harga: Rp 475.000,00 (Pre-Order).
Rating: 4,5/5.
#ReviewFigureIndonesia


Halo! Kembali lagi dengan saya Gilang di blog ini untuk unboxing + review action figure. Kali ini giliran action figure lini Multiverse buatan Mattel yang berlabel Walmart Exclusive dengan karakter Batman dari film Justice League yang rilis tahun 2017 kemarin dan seri dari lini Multiverse yang sama dengan judul filmnya. Action Figure ini saya dapatkan ketika ikut PO di FB Daud Leander. Bagi kalian yang tertarik untuk membeli action figure ataupun ikutan PO bisa langsung klik nama akun FB Daud Leander tadi atau langsung ke lapaknya di Tokopedia bernama Saung Mainan Kerjain. Dari pengalaman saya, Om Daud merespon cepat dalam melayani pelanggan, trusted & recommended seller!

Box tampak depan, samping, dan belakang.
Kemasan dari action figure ini sama seperti kemasan action figure Batman dari seri Batman v Superman: Dawn of Justice pada post sebelumnya atau bisa dibilang branding kemasan khas lini Multiverse yang berwarna merah dengan perpaduan warna hitam di beberapa bagian. Sebagai identitas dari seri ini adalah adanya logo film Justice League dengan insigna ke 6 member Justice League yang tampil di filmnya pada bagian pojok kiri atas kemasan ini dan gambar Batman di bagian pojok kiri bawah dan samping-kiri kanan kemasan ini dengan kostum yang sama dengan yang ada di filmnya. Bila kita jeli, logo DC Comics telah berubah dari kemasan kemarin menggunakan logo dari tahun 2012 sedangkan sekarang menggunakan logo tulisan DC dengan lingkaran berwarna perpaduan biru dan putih yang dipakai tahun 2016 sejak DC mereboot universe komiknya bernama DC Rebirth. Pada bagian belakangnya, terdapat gambar action figure Batman ini sendiri dan action figure Cyborg yang juga eksklusif dari Walmart dengan tampilan full-armored juga 3 jenis Motherbox yaitu yang tersimpan oleh Atlantean, Human, & Themysciran. Entah ini termasuk CnC (Collect & Connect) atau bukan, namun apabila kita melengkapi 2 karakter action figure tersebut akan membentuk utuh ketiga Motherbox tadi seperti yang telah dijelaskan sedikit pada deskripsi di bagian belakang kemasan.

Item yang didapat setelah unboxing.
Dalam proses saya unboxing action figure ini, tidak seperti action figure Batman di post sebelumnya yang susah dalam memisahkan antara plastik dalam kemasan & action figure, untuk action figure ini tidaklah susah mencopotnya baik Batman maupun part CnCnya. Terdapat 1 action figure Batman dan setengah part dari 3 jenis Motherbox. Perbandingan ukuran antara action figure dengan Motherbox sangatlah tepat mengingat Motherbox dalam ukuran aslinya cukup besar ukurannya.  Sedikit permasalah pada saat setelah saya keluarkan dari plastiknya, cape Batman yang terbuat dari material kain ini tergulung ke depan karena mungkin terlalu lama tertekuk di dalam plastik dalamnya paska produksi & pengiriman. Pekerjaan ekstra bagi kita untuk menyetrika bagian ini agar terlihat rapi tidak tergulung. Jangan terlalu panas atau menempelnya lama agar tidak merusak bahan kainnya, cukup diusap sedikit & jangan terlalu ditekan. 
Dari kiri ke kanan setengah part Motherbox Human, Atlantean, & Themysciran.
Sebelum mengulas tentang action figure Batmannya sendiri, sebagai pemanasan saya akan mereview setengah part dari ketiga jenis Motherbox berikut. Baik Motherbox Human, Atlantean, & Themysciran dibuat dengan detil & pewarnaan yang sangatlah bagus dan rapi. Motherbox Human dibuat mengerupai kotak harta karun kuno yang terbuat dari besi dangan warna hitam yang digradasikan samar dengan warna tembaga untuk memberi kesan bahwa Motherbox ini telah dikubur lama oleh manusia. Motherbox Atlantean menginterpretasikan bahwa Motherbox ini disimpan di bawah laut oleh para penghuni Atlantis yang terlihat dalam detil bentuk dan pewarnaannya yang berwarna putih tulang dengan sedikit semburan coklat di detil motifnya yang tampak seperti kerang yang sela-sela teksturnya terdapat pasir laut dan warna silver disetiap sudut sudut kubusnya. Untuk Motherbox Themysciran terasa seperti sebuah artifak keramat yang disimpan oleh penduduk Themyscira dengan warna merah bata dengan warna emas pada detil tekstur kubus dan keunguan pada tekstur tengah kubus ini. Sungguh perwarnaan dan detil sculpt yang bagus dan digarap dengan niat untuk sebuah part CnC berukuran kecil.

Meski lagi-lagi action figure Batman dari seri ini tidak mendapatkan aksesoris senjata seperti batarang, blaster, ataupun grapnel dan mendapatkan setengah bagian dari keseluruhan bentuk Motherbox, bukan berarti action figure Batman ini tidak dapat digunakan untuk berpose saat difoto. Malah ketiadaan aksesoris senjata yang digunakan Batman dalam beraksi terobati dengan adanya setengah part dari ketiga jenis Motherbox yang ada untuk digunakan sebagai tambahan properti untuk toyphotography. Bila diambil dengan angle yang pas dan tepat, action figure Batman atau karakter apapun dapat terlihat membawa 1 Motherbox utuh.    

Action Figure Batman dari kiri ke kanan tampak depan, samping, dan belakang.
Sekarang saatnya memulai pada bagian utamanya yaitu mereview action figure Batmannya sendiri. Setelah capenya saya setrika, terlihat lumayanlah tidak menggulung lagi. Bingung sebenarnya untuk menjelaskan mold pada action figure ini karena bisa dibilang ini adalah mold baru dengan memodifikasi mold action figure Batman dalam lini Multiverse seri Batman v Superman: Dawn of Justice 6" sebelumnya sebagai basis yang solid. Mold baru tapi tapi tidak benar-benar baru, bingung kan? tapi tidak mengapa karena mold action figure ini adalah obat dari kekurangan yang ada pada action figure Batman dari seri film debut pertama kalinya di DCEU(DC Extended Universe). Terlihat dari proporsi tubuhnya sudah pas untuk tubuh bulky seorang Batman dengan mempertahankan detil sculpt guratan-guratan kainnya. Terlihat juga pembaharuan pada moldnya seperti adanya sculpt plat tambahan di bagian perut, pundak dan biceps serta mold baru pada bagian cowl, gauntlet, logo, dan cape yang kini terbuat dari material kain yang menambah kesan eksklusif. Walaupun terlihat seperti menggunakan kain satin, namun bukanlah satin yang digunakan melainkan jenis fabrik yang halus dan ringan dan terlihat seperti kulit bila dilihat dari dekat. Potongan capenya pun dibuat lebih rapi dan teratur pada bagian bawahnya walau ujungngnya-ujungnya akan lebih baik bila terpotong meruncing bukan melonjong. Sayangnya pada bagian kakinya terlihat masih menggunakan mold lama meski tekstur kulit pada sepatu boots diperhalus. Menurut saya pribadi kostum reguler Batman di film Justice League tampak mengadaptasi atau terinspirasi dari kostumnya di komik New 52 setelah pada Batman v Superman: Dawn of Justice mengadaptasi kostum Batman dari komik buatan Frank Miller yaitu The  Dark Knight Returns.

Terlihat jelas perbedaan kedua action figure tersebut. Sudah ada koreksi dalam bentuk postur tubuhnya yang sudah terlihat pas dengan postur bulky dan action figure Batman eksklusif dari Walmart ini terlihat lebih tinggi dari Batman sebelahnya meski sama berukuran 6". Sebenarnya kalau kita perhatikan betul, Batman di Justice League terlihat lebih ramping daripada kemunculan pertamanya di DCEU yang ada di Batman v Superman: Dawn of Justice. Saya tidak akan mempermasalahkan perbedaan warnanya karena nyatanya kostum di Justice League lebih berwarna abu-abu yang lebih gelap dari warna kostumnya di Batman v Superman: Dawn of Justice dan pewarnaan di action figure ini sudah pas dengan yang ada di film bahkan terasa mengkilat. Mold tubuhnya memang tampak modifikasi dari sebelahnya dengan menambahkan beberapa plat di tubuhnya, namun tidak semena-mena hanya itu saja. Bila ini re-mold, maka ini adalah re-mold yang niat tidak asal jiplak karena apabila bila kita pegang tektur tubuhnya tidaklah mulus melainkan melainkan bertekstur timbul pada kedua lengan, badan, dan kedua kakinya. Disinilah letak kelebihan lain detil dari mold action figure berlabel eksklusif ini. Sekali lagi mold tubuh action figure ini bukanlah menjiplak dari action figure Batman pada post sebelumnya melainkan hanya digunakan sebagai basis saja. 

Bagian cowlnya terlihat memang mold baru dan penyempurnaan dari mold sebelumnya. Seperti pada bagian kepalanya yang sudah tidak adanya tekstur kulit namun halus dan sudah tidak adanya perbedaan tekstur antara kepala dan leher. Selain itu juga bagian mata sudah dilakukan ada pembenaran yang sudah tidak terlihat lebar seperti mata karakter anime dan telinga yang terlihat sedikit meninggi. Bagian pupil matanya sebenarnya masih berwarna cokelat, namun kali ini lebih berwarna cokelat gelap dengan gradasi warna hitam sehingga terlihat pupilnya berwarna hitam. Bagian mulut juga tidak ketinggalan untuk dipermanis dengan dibuat lebih mendekati sculpt bibir manusia tanpa mengurangi sculpt dagu sedikit terbelah khas Ben Affleck. Untuk pewarnaan bagian mulut juga lebih smooth meskipun mengakibatkan warna samar abu-abu seperti bekas cukur kurang terlihat di sini. Di sini terdapat kunci mengapa postur Batman dalam action figure ini terlihat lebih tinggi, ramping dari sebelumnya, dan memiliki postur bulky yang pas yaitu pada bagian lehernya yang diperbaharui sehingga lehernya terlihat sedikit tinggi dan ramping. Logo insigna Batman di dadanya juga terlihat jelas bentuk perubahan bentuk 3Dnya dari sebelumnya. Kekurangannya adalah meskipun cowl Batman ini sculptnya baru dan bagus, namun seharusnya di bagian depan cowl ada sculpt seperti lipatan cape ke belakang sama seperti di filmnya atau seperti pada sculpt pada cowl Batman di seri Batman v Superman: Dawn of Justice.

Mold baru lainnya adalah pada bagian gauntletnya. Gauntlet Batman di film Justice League adalah gauntlet biasa seperti sebelumnya namun diberi tambahan pelindung lengannya. 3 sirip pada gauntlet kanan dan kiri Batman tak lepas mengalami perubahan karena 3 sirip tersebut menempel pada armor gauntletnya. Sculpt sirip pada action figure ini terlihat sedikit meruncing pada ujung-ujung atasnya seperti di filmnya walaupun kalau dilihat dari jauh terlihat berbentuk kotak saja. Permasalahannya karena sculptnya terlalu tebal atau mungkin pada proses pencetakannya, meski begitu bukanlah masalah yang berarti karena detil potongan miring pada siripnya masih terlihat seperti pisau. Sculpt armor lengannya pun tak luput dengan detil sculpt yang teliti dengan diberikannya sculpt tali pengikatnya. Sepertinya karena berlabel eksklusif, tiap detilnya dibuat dengan teliti seperti detil tekstur kulit pada lengannya yang dipertahankan dan diperhalus dari sebelumnya walau ditutupin oleh pelindung lengan. Pewarnaannya pun juga tak kalah teliti, bisa saja pabrikannya malas untuk memikirkan detil warnanya untuk menghemat waktu & biaya produksi. Tetapi untuk action figure ini pewarnaannya dipisahkan antara bagian sirip, knuckle, dan pelindung lengannya. Untuk ketiga sirip pada lengan kiri-kanan dan knuckle pada pergelangan kiri-kanan diberi warna emas, sedangankan untuk pelindung lengannya diberi warna tembaga. Perpaduan yang mirip seperti kostum aslinya. Bagi pabrikan yang malas pasti akan diberi warna emas semua. Kesemuanya memang tidak diberikan warna yang solid karena ingin memberikan kesan damage setelah beberapa pertarungan. Terlihat pula sculpt plat pada bagian bahu dan bicepsnya.

Bagian utility beltnya memang bukanlah mold baru untuk sculptnya namun masih mempertahankan yang lama karena memang pada kostum aslinya, utility belt tersebut masih sama dengan yang dipakai di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Karena mempertahankan mold lama, maka tidak ada sculpt baru dan kesalahan yang sama tetap ada yaitu kantongnya hanya ada dua yang seharusnya ada 3 di bagian kiri dan kanan. Koreksinya malahan terletak pada pewarnaannya pada bagian buckle sabuknya yaitu diberikan warna samar emas di keseluruhan bagain bucklenya. Beda dengan pada seri Batman v Superman: Dawn of Justice yang hanya diberikan warna emas di bagian tengah bucklenya saja. Efek pewarnaan agar terlihat damage akibat pertarunganpun jadi lebih terasa di action figure eksklusif ini. Sculpt bentuk plat pada bagian perut juga dibuat sepersis mungkin dengan kostum aslinya.

Untuk bagian kaki tidak banyak ada perubahan dari Batman seri Batman v Superman: Dawn of Justice karena seperti saya bilang tadi basis mold kedua kakinya sama, dengan sculpt tekstur kain yang timbul dan tekstur kulit pada sepatu boots diperhalus. Pada bagian artikulasinya, action figure ini dapat tambahan beberapa persendian yang bahkan koreksi dari kekurangan dari action figure sebelumnya dan ini sesuai dengan ekspektasi saya sehingga total ada 26 poin artikulasi. Untuk sebuah action figure MISB, setiap persendiannya sangat seret jadi harus pelan-pelan menggerakkannya agar tidak patah tapi bila beberapa kali digerakkan sudah tidak akan terlalu seret lagi seperti di awal.

1. Salah satu titik artikulasi tambahan yang juga improvisasi dari action figure sebelumnya, akhirnya sesuai dengan harapan saya kepala Batman ini dapat bergerak menengok ke atas dan ke bawah walau bila menengok ke atas tidak terlalu banyak geraknya karena tertahan bagian belakang kepala Batman.
2. Improvisasi lainnya sekaligus koreksi dari kekurangan action figure Batman seri Batman v Superman: Dawn of Justice yaitu pada bagian tengah perutnya yang sekarang sudah banyak untuk ditekuk ke depan dan ke belakang sehingga bisa dibuat untuk berpose menengadah, membusung, ataupun posisi duduk sempurna yang dibantu oleh cape yang dibuat dari bahan kain tanpa harus tertahan seperti bahan karet pada seri Batman sebelumnya.
3. Masih sama seperti dengan sebelumnya, artikulasi di bagian perut ini dapat digerakkan berputar secara leluasa 360° dari kiri maupun kanan.


4. Salah satu titik artikulasi yang esensial yaitu kepala dapat diputar 360° dari kiri maupun kanan secara leluasa tanpa ada batasan.
5 & 6. Kebaikan artikulasi yang masih dipertahankan,
conector joint yang menyambungkan antara bagian badan dan lengan yang bisa menggerakkan lengan secara bebas untuk berpose.
7 & 8. Sendi yang menjadi satu dengan conector joint yang menyambungkan antara bagian badan dan lengan yang bisa menaikkan bagian lengan action figure Batman sekitar 90°.
9 & 10. Bisa digerakkan berputar 360° pada artikulasi bagian biceps kiri dan kanan seperti halnya pada bagian kepala dan perut bawah.
11 & 12. Persendian ini sebenarnya sama dengan action figure Batman sebelumnya yang bisa digerakkan 90° tetapi sudah tidak bisa dengan sempurna ditekuk 90° ke depan karena tertahan oleh bentuk gauntlet yang baru ini.
13 & 14. Titik artikulasi tambahan lainnya yang tidak ada sebelumnya yaitu dengan adanya persendian yang membuat lengan action figure Batman ini bisa berputar secara bebas 360° sehingga kita dapat membuat gerakan pose baru yang tidak bisa dilakukan sebelumnya.
15 & 16. Artikulasi esensial lainnya yang masih dipertahankan yaitu pergelangan tangan yang dapat diputar bebas 360° dari kiri ataupun dari kanan.

Sebenarnya dalam bagian kaki ini sama seperti sebelumnya dan tidak ada perubahan atau penambahan titik artikulasi. Namun ada baiknya saya jelaskan lagi.
17 & 18. Titik artikulasi pada bagian ini menyambungkan antara bagian badan dan kaki yaitu paha. Sendi ini cukup bisa menggerakkan kaki ke belakang dan ke depan.
19 & 20. Sendi action figure pada bagian pinggul ini bisa digerakkan 90°.Tetap sama seperti sebelumnya, saya kira akan diberikan improvisasi memakai ball joint pada bagian ini. Namun tidaklah masalah karena ini bukanlah sebuah kekurangan.
21 & 22. Untuk sebuah barang baru, sewaktu saya mencoba memutarnya 360° bagian ini terasa sangat seret jadi harus pelan-pelan untuk memutarnya.
23 & 24. Artikulasi wajib dan esensial untuk action figure berartikulasi yaitu bagian lutut yang dapat ditekuk secara realistis 90° ke belakang.
25 & 26. Sendi pada bagian mata kaki yang masih dipertahankan porsi gerakannya yaitu yang dapat digerakkan ke depan maupun ke belakang. Bahkan menurut saya bagian ini ada sedikit improvisasi tekukkannya yang lebih banyak dari sebelumnya.

Secara kesuluruhan, bagi saya ini adalah action figure yang benar-benar mengusung label EXCLUSIVE mengingat sekarang banyak action figure dari pabrikan lain yang cuma bermodal repaint saja tanpa adanya improvisasi yang dilakukan. Tidak ada pengurangan dari action figure Batman dari review sebelumnya dalam action figure Batman Walmart Exclusive Figure ini. Yang ada hanyalah improvisasi dan mempertahankan kebaikan yang sudah ada. Pembuatannya pun terbilang sangatlah niat oleh Mattel mulai dari sculpt, pewarnaan, dan penambahan titik artikulasi sehingga action figure ini bisa dibilang adalah remidi dari kekurangan sebelumnya. Pada bagian kakinya memang tidak adanya perubahan yang terlalu signifikan, namun ini bukanlah sebuah kekurangan. Mattel mempertahankannya sesuai porsinya sendi di tiap titik artikulasinya, saya bisa memberi nilai lebih bila jenis sendinya diberi improvisasi. Action figure ini sepertinya memang dipersiapkan untuk dapat berpose duduk dengan baik karena Mattel sendiri membuat produk Batmobile baru yaitu RC Ultimate Justice League Batmobile Vehicle dengan skala 1 : 12 dan Justice League Multiverse Batmobile Vehicle yang dapat dimasuki action figure berukuran 6" ini.  Dengan banyaknya hal bagus yang ada di dalamnya, action figure ini tidak lepas dari kekurangan minor seperti packing untuk action figure Batman ini membuat cape dari material fabriknya tertekuk selama paska produksi dan selama pengiriman sehingga membuat kita bekerja ekstra untuk merapikannya dengan setrikanya. Bila dibandingkan perilisannya dengan yang seri ini yang reguler, Batman dengan Tactical Suit lebih dulu dirilis sebelum ini namun saya tidak membelinya terlebih dulu lebih karena saya suka kostum reguler tanpa armor dan pilihan saya tidak salah karena action figure ini benar-benar saya rekomendasikan terlebih bagi kalian yang mengoleksi Batman bahkan saya berani bilang tidak kalah dari SHF buatan Bandai. Action figure ini malah lebih cocok daripada yang Batman Tactical Suit bila disejajarkan dengan action figure anggota Justice League lainnya. Untuk figur eksklusif, kisaran harganyapun cukup murah dan tidak jauh beda dengan yang reguler. Itu saja review dari saya semoga bermanfaat menjadi referensi bagi kalian semua dan mencoba untuk mereview action figure lainnya.




1 komentar:

  1. saya kira, bedanya cuma di warna kostumnya saja.. ternyata tidak.. nice review..

    BalasHapus