Jumat, 23 Februari 2018

Homeland Cafe & Eatery | Tempat Nongkrong Manis di Probolinggo


Info.
Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No. 128, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67221
Jam operasional: 13.30 - 21.30 (Hari Kamis tutup).
Harga pesanan:
  1. Meatball Hot Plate + Sambal Matah: Rp. 22.500,00.
  2. Chicken Wings (Sauce: Korean Spicy): Rp. 2.000,00.
  3. Milo Dino (Ice): Rp. 12.000,00.
Rating: 4,4/5.
#KulinerProbolinggo

Kali ini saya pertama kalinya akan membahas tempat nongkrong yang kebetulan tempat nongkrong baru di Probolinggo yaitu Homeland Cafe & Eatery. Saya mencoba ke Homeland Cafe & Eatery saat liburan Tahun Baru Imlek pulang ke Kota Probolinggo. Lokasi dari Homeland Cafe & Eatery mudah ditemui karena berada di Jl. Soekarno Hatta No. 128 yang menjadi jalan utama Kota Probolinggo. Mudahnya, letaknya bersebelahan dengan Rumah Makan Pondok Alami Cabang Soekarno Hatta. Kalau dari arah Barat atau luar kota, setelah perempatan traffic light nanti pelan-pelan ambil jalur kiri sampai melihat ada papan tulisan "Pondok Alami" langsung parkir atau kalau dari arah timur, bila sudah melewati SMA Negeri 1 Probolinggo pelan-pelan ambil jalur menyebrang ke kanan nanti akan terlihat papan tulisan Homeland Cafe & Eatery di depannya bersebelahan dengan Pondok Alami.

Sesampainya di sana saya pun langsung memesan menu di bagian kasir. Ada 2 jenis menu makanan yang bisa dipesan yaitu Main Course bagi kalian yang ingin makan berat dan Snack untuk dijadikan teman nongkrong bersantai. Menunya memang tidak banyak tetapi pas dengan konsep Homeland & Eatery sendiri sebagai tempat nongkrong. Menu yang disediakan juga kekinian seperti selera di kota-kota besar. Saya bingung ingin mencoba menu main coursenya karena semua terlihat menarik untuk dicoba, untung saja ada sahabat SD saya di situ. Rekomendasi untuk saya sih Beef Hot Plate dengan saus Teriyaki atau Meatball Hot Plate dengan Sambal Matah. Akhirnya saya pun memesan Meatball Hot Plate dengan Sambal Matah karena belum pernah mencoba bakso yang disajikan dia atas piring panas. Sebagai pendampingnya untuk menu snacknya juga ada macam-macam, tetapi agar menambah pedas lidah saya mencoba Chicken Wings dengan saus Korean Spicy yang juga direkomendasikan saus Honey bila kalian tidak terlalu suka dengan rasa pedas. 

Selain itu juga ada menu Beverage untuk minumannya baik dingin maupun hangat dan Dessert sebagai menu pencuci mulut yang juga bisa kalian coba untuk cemilan. Saya sebenarnya tertarik untuk mencoba Milk Shake + Doughnut (Ice) tapi karena kebetulan lagi kosong akhirnya saya ikuti rekomendasi adik saya yang juga pernah ke sini yaitu Milo Dino (Ice). Sehari sebelumnya saya sebenarnya sudah ke sini ketika malam minggu bersama sahabat-sahabat saya yang masing-masing memesan Vietnam Drip (Hot), Milk Shake (Ice) Green Tea, Lemonade (Hot), dan  Blackcurrant Tea (Hot). Kebetulan saya sendiri memesan teh hangat rasa blackcurrant & sempat mencoba Lemonade (Hot) punya teman saya. Meskipun rasanya buah & simple, minuman ini enak juga disajikan hangat dan rasanya pas tidak terlalu manis dan mani jadinya terasa segar ketika diminum. Ada juga menu Dessert seperti Mug Cake dengan 2 varian Double Chocolate & Vanilla Oreo dan Churros. Sempat sebelumnya memesan Churros disajikan dengan saus cokelat homemade dari Homeland Cafe & Eatery sendiri.

Bagian depan (Indoor) Homeland Cafe & Eatery.
Seperti biasa sambil menunggu menu yang tadi dipesan datang, saya mengulas tempat di dalam Homeland Cafe & Eatery ini. Banyak tempat nongkrong yang terdapat di Kota Probolinggo, namun bagi saya ini adalah konsep baru tempat nongkrong yang belum ada di Probolinggo. Terdapat 2 bagian tempat yang bisa kalian pilih untung nongkrong sambil menikmati makanan dan minuman di Homeland Cafe & Eatery ini, yaitu bagian indoor dan outdoor.

Interior desain di bagian indoor ini bisa saya bilang cantik, manis, dan lucu yang sesuai dengan konsep dari Homeland Cafe & Eatery yang dipadukan warna putih dan 2 warna pastel yaitu merah muda dan biru muda yang menjadi branding dari Homeland Cafe & Eatery sendiri. So far, ini adalah cafe dengan konsep baru yang ada di Kota Probolingga yang saya temui. Ditambah furnitur meja makan dan bangku kayu yang mempercantik suasana di dalam Homeland Cafe & Eatery dengan beberapa pajangan di dinding dan tanaman kecil, bahkan di bagian bangku panjangnya diberi bantal kecil yang artsy. Tempatnya juga nyaman berAC. Di bagian kasirnya pun tidak luput dihias dengan manis & terdapat lemari display kecil yang berisi mug cake. Cafe ini cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman, ngedate dengan pasangan, dan bisa juga dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Walau di sini disediakan cukup banyak meja & bangku, bila kalian masih khawatir kehabisan tempat kalian bisa reservasi atau mungkin ingin mengadakan event langsung saja DM akun Instagram Homeland Cafe & Eatery yaitu @homeland.cafe yang difollow terlebih dahulu.

Bagi kalian para cowok jangan khawatir ataupun malu untuk nongkrong ramai-ramai di sini karena tempatnya manis nan cantik karena Homeland Cafe & Eatery menyediakan tempat outdoor yang bisa dijadikan tempat kalian berkumpul dengan suasana dan tema yang lebih umum namun tetap mempertahankan konsep dengan memberikan furnitur kayu pada bangku dan mejanya juga bantal artsy yang ada di bangku panjang. Setiap weekend pada hari Sabtu atau Minggu di Homeland Cafe & Eatery menampilkan acoustic live music yang menambah suasana terasa lebih cozy di bagian outdoornya. Mungkin kalian bisa request lagu yang ingin dinyanyikan sambil menikmati menu yang telah disajikan.

Meatball Hot Plate dengan Sambal Matah.
Tidak perlu menunggu terlalu lama akhirnya menu pesanan saya pun datang. Menu main course yang seperti ini juga baru ada di Kota Probolinggo karena biasanya yang disajikan seperti ini Steak. Seperti namanya Meatball Hot Plate ini disajikan di atas piring panas yang di atasnya disajikan nasi, telur setengah matang, irisan bawang bombai, aneka potongan sayuran seperti wortel, jagung, & kacang polong dan tentu saja bagian utamaya yaitu bakso yang disiram dengan saus spesial buatan dari Homeland Cafe & Eatery sendiri. Awalnya saya tidak berekspektasi apa-apa dengan baksonya, sampai saya makan dan ternyata di dalam baksonya terdapat keju yang meleleh. Jarang ada bakso yang dimasak hingga bisa melelehkan keju di dalamnya, karena biasanya saya makan bakso keju berkuah tidak sampai leleh keju di dalamnya. Saus homemadenya juga manis tapi tidak eneg bila dipadukan dengan baksonya saat dimakan. Sebelum saya memberikan tips pribadi bagaimana makannya, menu ini saya pesan disajikan dengan Sambal Matah. Ternyata bukan sambal matah saja yang disajikan di wadah kecil, juga ada sambal dabu-dabu. Setelah saya coba sambal matahnya, terasa benar pedas sambalnya "mencubit" di lidah dengan perpaduan bawang merah dan cabai👌. Sambal dabu-dabunya juga terasa lebih segar walaupun pedas karena bahan utamanya adalah tomat yang dipotong kecil-kecil. Saya ada tips untuk cara makannya, mix semua yang ada di hot plate dan beri sambalnya perlahan-lahan di bagian nasinya.

Sebagai penambah cita rasa pedas di lidah, saya memesan menu snack Chicken Wings dengan saus Korean Spicy. Chicken Wingsnya sendiri tidak kalah crispy dengan keda-kedai yang menjual menu serupa di luar kota. Tepungnya sendiri ada rasa gurihnya yang sepertinya diberi bumbu terlebih dahulu dan ayamnya sepertinya juga dilumuri bumbu terlebih dahulu sehingga terasa sedap sampai ke dagingnya. Bagi kalian yang tidak terlalu tahan pedas, menu snack ini masih cocok dan enak kok buat kalian coba. Rasa spicynya tidak terlalu pedas di lidah dan rasa asli dari Korean Spicy ini masih bisa kita rasakan. Sausnya bukan hanya saus asam manis biasa dan memang terasa saus ala Korea yang dilumuri dengan rata di atas sayap ayamnya.

Karena menu Milkshake + Doughnut (Ice) sedang kosong, maka saya mengikuti rekomendasi dari adek saya untuk mencoba Milo Dino (Ice). Kalau dilihat-lihat penampilannya sama seperti es cokelat pada umumnya atau seperti milkshake, tetapi saat dicoba diminum rasa dari Milonya berbeda dengan biasanya apalagi kalau bikin sendiri terkadang rasanya malah eneg dan terlalu manis. Tapi Milo Dino (Ice) ini tidak, rasa manisnya pas dan walau di atasnya terdapat es yang sepertiya diblender juga tidak membuat rasa Milo Dino (Ice) ini hambar karena biasanya ada esnya banyak seperti ini hambar. Malah kalau saya bilang rasa Milonya sama seperti enaknya Milo yang dijual di Mcdonald's. Ini adalah salah satu contoh bahwa dengan bahan yang simple bila dibuat dengan tepat akan menghasilkan rasa yang enak. Tidak seperti milkshake yang biasanya terisi penuh sampai bibir gelas, untuk Milo Dino ini malahan es blendernya yang menggunung sampai bibir gelas. Jadi kalian tidak perlu berkecil hati porsi terlihat sedikit, caranya adalah kalian aduk-aduk terlebih dahulu Milo Dino (Ice)nya hingga rata dan tunggu mencair sambil menikmati menu makanan yang kita pesan. Nanti akan terisi penuh sendiri kok.

Menu main course lainnya yang bisa saya rekomendasikan di sini yang juga pernah saya coba adalah Dori Fish Hot Plate dengan saus Japanese Curry. Ikan dorinya sendiri disajikan beberapa potong & disiram dengan saus kare Jepang. Di sini saus kare Jepangnya juga tidak abal-abal alias sausnya benar-benar seperti saus kare Jepang yang biasanya ditemui di resto-resto Jepang. Homeland Cafe & Eatery memberi warna baru tempat nongkrong di Kota Probolinggo dengan konsep yang kekinian mulai dari tempat dan menunya. Harga dari menunya walau kekinian dan enak setara dengan luar kota ini terjangkau tanpa merubah cita rasa yang bisa disejajarkan dengan tempat nongkrong kekinian di Surabaya atau Malang. Malah saya bilangnya "Rasa Surabaya, harga Malang". Jangan lupa, setiap berkunjung check papan di belakang atas meja kasir karena biasanya ada info terupdate soal menu baru di Homeland Cafe & Eatery atau kalian bisa follow akun Instagram Homeland Cafe & Eatery mengenai info terbaru di sana. Sekarang Homeland Cafe & Eatery juga bisa dipesan melalui GO-FOOD. Selamat mencoba!😉

Lokasi melalui Google Maps:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar