Minggu, 04 Februari 2018

Bebek Semangat | Bebek Bikin Semangat Makan.


Info.
Lokasi: Jl. Kusuma Bangsa No. 31, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272.
Jam operasional: 10.00 - 22.00 (Setiap hari).
Harga pesanan:
  1. Paket Bebek Ijo (Nasi Bebek + Es Teh): Rp. 28.000,00.
  2. Telor Bebek Mozza: Rp. 12.000,00.
  3. Terong: Rp. 5.500,00.
Rating: 4/5.
#KulinerSurabaya

Kuliner kali ini akan membahas tentang salah satu kuliner berbahan bebek. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Saya ke sini sih, ceritanya lagi-lagi kelaperan habis maghrib. Emang dasarnya telat dan males makan kalau gak bener-bener laper ditambah waktu itu hujan. Jadi inget rekomendasi bebek goreng enak di Surabaya yaitu Bebek Purnama "Pak Saridin" di daerah Dinoyo. Singkat cerita langsung tanya alamat & berangkat menembus hujan lebat. Sampai di sana mau parkir, eh Pak Tukang Parkirnya bilang kalau bebeknya habis tinggal ayam. Lagi tidak mujur memang, lalu di jalan tiba-tiba kepikiran makan di Bebek Semangat. Itung-itung sebagai obat penggembira & kelaperan daripada galau hujan-hujan cuma gara-gara bebek bukan gebetan *eh*.   

Bagian depan Bebek Semangat.
Untuk menemukan lokasi Bebek Semangat ini tidaklah sulit. Lokasinya ada di daerah jalan Kusuma Bangsa. Kalau dari arah Grand City atau SMA komplek, kalian tinggal jalan lurus saja. Kalau sudah menemukan perempatan di deket SMA komplek, kalian langsung sedikit ambil ke kiri saja karena lokasinya di kiri jalan tersebut setelah tempat bimbingan belajar Ganesha Operation dan sebelum melewati THR. Gampangnya di samping SPBU Pertamina Kusuma Bangsa. Untuk parkir tidak perlu khawatir, di sini disediakan tempat yang cukup untuk menampung mobil ataupun motor.

Di sini untuk pemesanannya langsung di kasir bagian depan seperti pelayanan di berbagai franchise fast food pada umumnya. Terdapat berbagai macam menu yang terpampang di neon box yang bisa dipesan di sini dan juga beberapa promo menu tambahan baru di meja kasirnya. Untuk menu andalan di ada 3 yaitu Bebek Jontor, Bebek Raja Rempah, dan Bebek Mozza. Seperti yang sudah saya beritahu tadi, dulu saya pernah ke sini untuk mencoba menu Bebek Mozza, jadi kali ini saya mencoba untuk mencoba Menu Paketan Bebek Sambal Ijo yang terdiri dari Nasi Bebek Ijo itu sendiri dan segelas plastik untuk minuman Es Teh yang bisa kita refill di samping kasir. Es Teh ini ada 2 pilihan yaitu Es Teh biasa & Green Tea manis. Karena kelaparan banget nih, menu tambahannya saya penasaran mencoba Telor Bebek Mozza dan juga memesan 1 porsi terong. Di sini kalian juga bisa mengganti bebek dengan ayam kampung di setiap menunya.

Untuk tempat duduknya kita bisa memlih 2 pilihan tempat yaitu di bagian depan gedung atau belakang gedung dengan interior branding warna oranye. Karena kemaren bagian belakang sepi, akhirnya saya memilih duduk di bagian depan saja mengingat kali ini saya sedang bersolo karir tanpa teman-teman jadi kasihan dilihatnya sendirian. Tak perlu membutuhkan waktu lama untuk menunggu pesanan datang sekitar 5 sampai 10 menitan, paling lama 15 menit dan akhirnya pesanan sayapun datang.

Di sini uniknya makanannya tidak disajikan menggunakan piring melainkan dengan cobek tempat biasanya untuk membuat dan menyajikan sambal dengan beralaskan kertas makanan di atasnya & diberi 1 potong timun, tomat, &  selembar kubis sebagai garnishnya. Bebeknya sendiri digoreng dengan bumbu kuning seperti bebek goreng lalapan biasanya dan teksturnya tidak keras malah empuk juga baunya tidak amis karena digoreng dengan baik. Untuk sambal ijonya sendri tidaklah pedas melainkan sedap dan gurih karena lombok hijau dan bawangnya yang terasa lebih dominan daripada cabainya. Jadi untuk teman-teman yang tidak terlalu suka atau tahan dengan rasa pedas tidak perlu khawatir untuk makan menu Bebek Sambal Ijo ini karena sambal di atas bebek ini bisa dikatakan seperti bumbu dari bebek goreng ini atau bisa dibilang seperti bumbu balado. Tekstur nasinya di sini tidak keras ataupun lembek melainkan pulen dengan porsi yang pas, jadi meskipun tidak terlalu banyak akan terasa kenyang di perut. Tidak seperti bebek goreng lalapan di tempat kebanyakan, di sini bebek gorengnya tidak banyak terasa minyak ketika dimakan meskipun bebeknya sendiri digoreng sampai empuk & ada sensasi garingnya. Jadi sepertinya bebek gorengnya digoreng dengan pas dan juga ditiriskan terlebih dahulu sampai tidak tersisa banyak minyak ketika disajikan. Pada dasarnya saya memang suka sambel ijo apalagi saya suka makan Nasi Padang, saya suka sambel ijo di sini karena disajikan seperti bumbu balado sehingga saya semakin lahap dan semangat untuk makan. Aslinya sih kelaperan😜.

Karena lapar yang kebangetan akhirnya saya juga memutuskan untuk menambah 2 menu tambahan menemani Bebek Sambal Ijonya yang salah satunya adalah menu baru yaitu Telor Bebek Mozza ini. Telurnya dibuat seperti telur dadar yang dikocok terlebih dahulu sebelum digoreng. Tidak cuma itu, ada irisan bawang merah, bawang prei, dan sedikit irisan cabai di dalam telornya sebagai campuran adonannnya yang membuat telur ini semakin gurih mengingat telor ini berbahan dari telur bebek yang lebih gurih daripada telur ayam. Yang membuat  hidangan tambahan ini unik adalah keju mozzarelanya sendiri yang dilelehkan dengan api di atasnya. Kejunya mozzarelanya terasa enak dan tidak eneg ketika dimakan dengan telurnya, namun sayangnya untuk porsi kejunya sendiri menurut saya kurang sedikit banyak & tebal sehingga tekstur kejunya lengket, tidak molor dan hangat. Porsi telurnya sendiri pas, walaupun terlihat tipis tapi uniknya telur ini terasa tebal ketika dimakan. Menu tambahan lainnya adalah terong yang digoreng. Terongnya menggunakan terong ungu favorit saya karena rasanya sedikit manis daripada terong berwarna hijau. 1 porsi terong mendapatkan 5 potong terong yang dipotong memanjang dan ditaburi sedikit garam di atasnya. 

Bagi saya porsi di sini sangat pas dari pengalaman dua kali saya berkunjung ke sini apalagi kalau kalian menambah menu tambahannya. Untuk tempat di sini bersih karena para karyawannya dengan rajin membersihkan lantai & meja ketika pelanggan telah selesai makan di sini. Harganyapun di sini overall di bawah Rp. 30.000,00 kok jadi kalian tidak perlu khawatir untuk harga dengan menu yang dimasak bervariasi ini. Jadi saya merekomendasikan tempat ini kepada kalian dan lain kali saya akan memberkunjung ke sini lagi untuk mencoba menu bebek lainnya. Akhirnya saya pulang dengan perut yang terisi dengan mendengarkan lagu 80an Sowing The Seeds of Love dari Tears for Fears.

Lokasi melalui Google Maps:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar