Jumat, 16 Februari 2018

[Review] Rider Action Battle Selection ♪Kamen Rider Figure.


Overview Figure.
Ukuran tinggi: ± 14 cm.
Pabrikan: Bandai

Artikulasi: Tidak ada.
Bahan: PVC.
Tahun produksi: 2006.
Kisaran harga: Rp 150.000,00.
Rating: 4/5
#ReviewFigureIndonesia


Setelah 3 kali saya mereview action figure berartikulasi, kini saatnya saya mereview action figure yang tidak bergerak dengan ukuran yang kecil yaitu gashapon buatan Bandai. Gashapon adalah action figure berukuran kecil yang terkadang tanpa memiliki artikulasi terkadang juga ada yang memiliki sendi yang minim seperti layaknya Ultra Hero Series (UHS) atau Rider Hero Series (RHS). Kebanyakan karakter yang dibuat gashapon adalah karakter Jepang dari Tokusatsu atau anime tetapi juga ada yang karakter Amerika yang dibuat gashaponnya. Kali ini saya mereview gashapon dari lini Real Product Stage seri Rider Action Battle Selection dengan karakter Kamen Rider Ichigo. Sebenarnya saya membeli ini sudah cukup lama di Multi Toys cabang Pondok Indah Mall dan produknya sendiri buatan tahun 2006. Sudah sangat lama saya timbun dan juga baru saya unboxing untuk di pajang karena saya termasuk kolektor yang ogah mengeluarkan action figure dari boxnya kalau tidak perlu benar-benar dikeluarkan 😅 .

Box tampak depan, samping kiri, samping kanan, dan belakang.
Box dari gashapon ini berbentuk balok dan untuk ukuran box gashapon sendiri bisa dibilang cukup besar dari box gashapon kebanyakan karena memang gashapon untuk seri ini mengusung tema diorama yang diambil dari beberapa scene yang ada tiap serial Kamen Rider yang dibuat untuk gashapon ini . Pada depan boxnya bisa dilihat gambar Kamen Rider apa saja yang dibuat gashaponnya seperti paling atas adalah Kamen Rider Old Nigo dan yang bawah dari kiri ke kanan ada Riderman, Kamen Rider V3, Kamen Rider New Ichigo dan Kamen Rider X. Untuk samping kiri dan kanan diberi gambar gashapon yang beda yaitu pada samping kiri ada gambar diorama Riderman dan Kamen Rider V3 dengan ledakan di belakang dan di samping kanan ada gambar diorama Kamen Rider X dengan jurus X Kick melawan Apollo Geist dengan efek api yang berkobar. Di bagian belakangnya diperlihatkan lebih jelas bentuk dari keempat mini diorama ini beserta dengan adegan-adegan apa saja yang dibuat gashaponnya seperti adegan Kamen Rider New Ichigo yang melawan pasukan Shocker di jembatan yang diambil dari lagu opening ketiga serial Kamen Rider pertama, Kamen Rider Old Nigo yang juga melawan pasukan-pasukan Shocker di markas Shocker yang diambil dari adegan pertarungan pada episode ke 32 serial Kamen Rider pertama yang dalam bahas Inggris berjudul "Cannibalism Flower, Dokudalian", Riderman dan Kamen Rider V3 yang berlatarkan ledakan yang diambil dari episode ke 34 serial Kamen Rider V3 yang dalam bahas Inggris berjudul "V3 versus Riderman", dan yang terakhir adalah adegan Kamen Rider X yang mengeluarkan jurus X Kick melawan Apollo Geist dengan api yang berkobar yang diambil dari adegan episode ke 21 yang dalam bahasa Inggris berjudul "Appolo Geist's Last General Attack!!". Mengingatkan bahwa seperti gashapon yang masih dalam box lainnya ketika dijual, kita tidak tahu isi apa yang kita dapatkan diantara keempat diorama tersebut atau dengan kata lain kita mendapatkannya secara random. Kecuali dari pihak toko telah membuka dan menutupnya kembali untuk memberikan tanda pada bagian belakang boxnya isi apa yang akan kita dapat ketika membeli seperti yang saya dapatkan.

Unboxing & part yang didapat.
Ketika saya buka setelah sekian tahun lamanya ketika dari awal beli sama sekali tidak pernah saya buka sama sekali, tiap part yang terpisah dibungkus dengan plastik dan juga kita mendapatkan kertas kecil berisi catalogue dari seri ini. Diorama yang saya dapatkan adalah diorama dari Kamen Rider New Ichigo ketika melawan para pasukan Shocker di jembatan. Part yang saya dapatkan ada 1 figur Kamen Rider New Ichigo sendiri sebagai tokoh utama, 1 figur utuh Shocker dan 1 figur Shocker separuh badan, 8 pilar jembatan, 1 base, 1 efek air, dan 1 bagian atas dari jembatannya. Jadi sebenarnya gashapon diorama ini harus dipasang terlebih dahulu semua partnya untuk membuat 1 bentuk diorama.
Bagian samping, depan, dan belakang.
Seperti inilah bila dioramanya sudah terbentuk yang memiliki ukuran sekitar 14 cm dari base paling bawah sampai antena dari Kamen Rider New Ichigo. Menurut saya diorama ini bagus dilihat dari segala arah baik dari sudut depan, belakang, maupun samping karena diorama ini tidak memiliki background ataupun efek yang menutup figurnya. Tidak seluruhnya bahan dari mini diorama ini terbuat dari PVC. Hanya bagian figur karakternya saja yang terbuat dari PVC. Untuk bagian dari jembatan dan basenya terbuat dari plastik keras sedangkan bagian efek air atau lautnya dibuat dari bahan akrilik transparan. Dapat dilihat adegan mini diorama ini menunjukkan Kamen Rider New Ichigo sedang memukul salah satu pasukan Shocker di atas jembatan dan salah satunya telah jatuh tercebur ke laut. 

Pada bagian atas jembatannya terdapat Kamen Rider New Ichigo yang sedang memukul pasukan Shocker. Detil untuk figur ukuran sekian bisa dibilang cukup detil mulai dari sculpt lekukan pada scarf yang terkena angin beserta guratannya sampai lekukan kain dari kostum Kamen Rider New Ichigo sendiri. Pewarnaannya juga bagus untuk ukuran figur kecil ini seperti diberikannya efek shading di beberapa bagian walaupun dibagian dadanya terdapat titik-titik cat hitam dan warnanya yang melebihi bagiannya. Untuk bagian jembatannya tidak dibuat halus melainkan bertekstur sedikit kasar sehingga menimbulkan efek seperti jalan beraspal.

Pada mold bagian figur dari pasukan Shockernya sebenarnya bagus sculptnya namun sayangnya tidak diiringi dengan paint job yang bagus juga. Seperti yang bisa dilihat di bagian dadanya yang berbentuk seperti tulang-tulang rusuk dan bagian putih di bagian maskernya terlihat tidak rapi dalam memberikan warnanya. Menurut saya pribadi untuk warna putihnya terlihat seperti memakai stipo atau tipp-ex. Entah memakai decal atau tidak, logo Shocker di bagian dahi pasukan Shocker hilang bagian kaki kiri burungnya sehingga terlihat janggal bila dilihat. 

Sekarang saatnya mengulas bagian bawah mini diorama ini. Stand base dari tiap-tiap diorama untuk seri ini diberikan tulisan judul di depannya berdasarkan judul episode apa saja diorama itu dibuat. Untuk stand base diorama ini tertulis tulisan kanji Kamen Rider dengan not nada balok yang menunjukkan diorama ini dibuat berdasarkan cuplikan lagu pembuka dari serial Kamen Rider pertama. Detil sculpt pada bagian airnya patut diacungi jempol karena sangat terlihat sekali bagian riak-riak airnya. Di lain hal juga terdapat pasukan Shocker yang terjatuh ke laut dan sebagian badannya telah tercebur dibuat tidak kaku dengan perpaduan efek air yang memiliki sculpt yang sangat detil dan terbuat dari akrilik sehingga terlihat transparan seperti air. Paint jobnya sendiri mengiringi setiap detil riak airnya sehingga terlihat alami dengan efek berwarna putih dengan perpaduan warna biru muda dan biru tua.  

Gashapon tampak atas.
Meskipun dengan pewarnaan di beberapa bagian tidak rapi, namun untuk level gashapon tingkat akurasi sculptnya digarap dengan bagus dan detil sehingga membuat mold yang bagus pula untuk mini diorama ini. Tidak lupa juga bagian yang sebenernanya sepele seperti bagian atas jembatan dibuat bertekstur seperti aspal.  Seperti pepatah orang Jawa, "Ono rego,ono rupo", ada benarnya dalam gashapon berbentuk mini diorama ini. Dengan sculpt, paint job, dan efek yang dibuat alami juga dari bahan yang kokoh cukup sepadan dengan harga yang diberikan. Mungkin untuk sekarang gashapon ini sudah dibilang rare karena diroduksi 12 tahun lalu dan tentunya juga diikuti dengan harga yang sudah naik. Akhir kata, saya merekomendasikan melengkapi 1 seri gashapon ini terutama bagi kalian yang mengidolakan Kamen Rider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar