Minggu, 11 Februari 2018

[Review] Power Rangers Legacy 6.5" Mighty Morphin Red Ranger Figure.


Overview Figure.
Ukuran tinggi: ± 17 cm.
Pabrikan: Bandai
Artikulasi: 34 sendi.
Bahan: Plastik.
Tahun produksi: 2016.
Kisaran harga: Rp 309.000,00 ( BID/lelang).
Rating: 4,5/5.
#ReviewFigureIndonesia


Go! Go! Power Rangers! Bagi kalian generasi 90an pasti tidak asing lagi dengan bait lagu itu. Saya sendiri juga kalau sekarang mendengarkannya masih sering merinding sendiri tiba-tiba nostalgia menonton di RCTI di Hari Minggu pagi kala itu. Serial Mighty Morphin Power Rangers diadaptasi dari serial tokusatsu  Jepang yaitu seri Super Sentai yang berjudul Kyoryu Sentai Zyuranger. Kali ini saya akan membahas action figure buatan Bandai yaitu Mighty Morphin Red Ranger dari lini Power Rangers Legacy berukuran 6.5" seri pertama. Saya mendapatkan action figure karakter yang menjadi rebutan setiap anak ini ketika ikut lelang di salah satu lapak Om Oswin Suherman di Facebook. Kalian bisa langsung check akun Facebooknya bilang ingin mengikuti lelang atau apa saja yang dijual di sana. Recommended seller kok! Mighty Morphin Red Ranger ini adalah salah karakter favorit saya dan untuk action figure ini agak susah mencarinya di sini dan jarang ada seller yang menjualnya atau membuka PO. Jadi ketika ada action figure ini dilelang, saya tidak berpikir panjang untuk ikut hingga akhir closing time. Karena ketersediannya di pangsa pasar Indonesia yang langka tersebut, maka harga yang saya lihat sekarang sudah mulai melambung dari harga normalnya. Sebenarnya action figure ini diproduksi sekitar akhir tahun 2016 dan baru masuk Indonesia awal tahun 2017.


Box tampak depan, samping, dan belakang.
Box dari Ranger Merah pertama di seri Power Rangers ini terasa sekali rasa Power Rangersnya seperti adanya ornamen kilatan petir berwarna merah dan foto close-up Mighty Morphin Red Ranger di pojok kiri bawah yang menjadi identitas dari action figurenya sendiri. Ada pula logo franchise Power Rangers di atasnya dan logo di bawah untuk logo serial televisi Mighty Morphin Power Rangersnya sendiri di mana Mighty Morphin Red Ranger ini tampil di serinya. Kita dapat melihat action figure di dalamnya beserta part Dino Megazord dari mika yang terdapat tulisan huruf kapitl berwarna merah yang bertuliskan "Legacy Collection Red Ranger" yang dicetak secara vertikal di bagian pojok kanan bawah mikanya. Bentuk dari boxnya sendiri tidak simetris bahkan bagian samping kiri kanannya tidak sama. Bagian belakang terdapat gambar utuh dari Dino Megazordnya dengan infografis part Dino Megazord tersebut terdapat pada tiap action figure Ranger dari serial tv Mighty Morphin Power Rangers mana saja bila ingin dibangun utuh. Juga terdapat gambar  jajaran action figure Power Rangers dari lini Power Rangers Legacy 6.5" Series 1 seperti Mighty Morphin Red Ranger sendiri, Mighty Morphin Green Ranger, Ninja Storm Red, Ninja Storm Blue & Ninja Storm Yellow. Jadi action figure karakter Power Rangers dari serial Mighty Morphin Power Ranger tidak urut dihadirkan dalam satu seri langsung melainkan dipisah di seri-seri Power Rangers Legacy 6.5" berikutnya.

Item yang didapat setelah unboxing.
Unboxingnya sendiri tidak terlalu rumit untuk dilepas malah cenderung mudah dilepas dari plastik dalamnya dan item-item di dalamnya diapit oleh dua plastik mika pembungkus di dalam kemasannya sehingga action figure tidak gampang lepas di dalam boxnya. Dalam toyline Legacy ini juga terdapat semacam Collect & Connect (CnC) dari Multiverse atau Build-a-Figure (BAF) kalau dari Marvel Legends. Jadi terdapat part terpisah dan dapat digabungkan menjadi 1 action figure apabila dilengkapi semua partnya. Namun tidak ada nama resmi menyebut hal itu dalam toyline Legacy ini. Item-item yang didapatkan dari dalam boxnya terdiri dari 1 action figure Mighty Morphin Red Ranger sendiri sebagai action figure utamanya, 1 Blade Blaster dan holsternya yang nantinya dipasang di samping kanan sabuk action figure Mighty Morphin Red Ranger, dan part badan beserta kepalanya dari Dino Megazord.

Bagian depan, belakang, dan samping badan Dino Megazord.
Untuk kali ini part yang didapat dalam Power Rangers Legacy 6.5" Mighty Morphin Red Ranger adalah part badan & kepala yang telah terpasang langsung menjadi satu. Bahannya sendiri percampuran ada part yang terbuat dari plastik keras dan juga karet keras di beberapa bagian seperti bagian berwarna silver mirip jetpack di belakang, tanduk dan wajah, dan bagian pinggang dari Dino Megazordnya. Kalau berbicara konstruksinya mungkin hampir mirip seperti model kit Gundam. Bagian dalamnya kosong namun yang membuat part ini menjadi kokoh dan berbobot adalah bahan dari plastiknya yang rigid. Detil sculptnya pun tidak dibuat asal-asalan, mendekati mirip dengan detil Dino Megazord aslinya. Begitupun dengan pewarnaan sangatlah rapi bahkan untuk bagian terkecil seperti mata ataupun garis putih ditanduk. Saya bisa mengatakan part ini sangatlah mendekati akurat dengan aslinya untuk tiap detilnya. Meskipun ini adalah lini action figure yang memiliki artikulasi, namun sayangnya Dino Megazord sepertinya minim titik artikulasinya karena bisa dilihat part badan ini sendiri tidak memiliki titik artikulasi sama sekali di kepala ataupun di pinggang seperti action figure artikulasi lainnya. Terdapat pula 4 ball joint sebagai connector yang juga sebagai titik-titik artikulasi untuk bagian sepasang lengan dan kakinya nanti. 

Action Figure Mighty Morphin Red Ranger tampak depan, belakang, dan samping.
Ukuran action figure Mighty Morphin Red Ranger ini sekitar ± 17 cm. Seperti action figure Power Rangers dari jaman dahulu, ciri khas dari action figure Power Rangers yang membedakan dengan action figure Super Sentainya adalah adanya sculpt otot yang terdapat pada mold tubuh action figurenya sehingga Power Rangers terlihat berotot. Meski begitu, postur tubuhnya masih terlihat ideal walaupun dibuat berotot dan tidak terlihat bulky seperti action figure Power Rangers terdahulu bila kalian pernah lihat atau mengetahuinya. Bahan dari action figurenya sendiri bagus bukan seperti plastik ringkih, kokoh dan sedikit berbobot apabila dipegang. Paint job pada action figure ini tidaklah kalah rapi juga dengan part Dino Megazordnya, walaupun ada sedikit cat berlebihan tetapi tidak begitu tampak terlihat. Untuk detil sculpt & pewarnaan dari Blade Blaster yang kecil juga bagus meski ada beberapa detil warna yang sedikit miss. Walaupun overall terlihat bagus disetiap detilnya, tetapi mold dari action figure ini masih belum bisa secara rapi "menyembunyikan" sendi-sendinya. Masih terlihat jelas bentuk sendi di bagian pundak & bulatan ball joint di pergelangan tangannya. Bagusnya, biasanya untuk sculpt lutut dijadikan satu dengan bagian betisnya tetapi untuk action figure ini dijadikan sati dengan sendi penghubungnya sehingga bisa membuat action figure lebih leluasa untuk berpose. Hal menarik lainnya yang juga tidak lupa diberikan agar mirip dengan kostum aslinya di televisi adalah pada bagian  sepatu di kakinya tidak dibuat mulus begitu saja, tetapi diberikan jahitan tengah seperti sepatu boots pada umumnya.

Sebenarnya tidak ada masalah dalam kerapian dan detil sculpt dari bagian helm Mighty Morphin Power Rangers ini, namun bila dilihat dari segi kemiripannya dengan helm yang dipakai di serial televisinya masih kurang mirip sculpt untuk moldnya. Bukan semuanya yang kurang mirip melainkan hanya bagian atas helm yang bermotif Tyrannosaurus saja yaitu bagian alisnya yang terlalu tinggi dan pipih juga bagian hidung Tyrannosaurusnya harusnya agak sedikit menonjol. Detil sculpt seperti itu sebenarnya tidak menjadi sebuah masalah dan kekurangan yang berarti, tetapi bagi para kolektor yang menuntut akurasi kemiripan dengan aslinya bisa menjadi agak sedikit masalah. Di sisi lain detil lain ada hal yang cukup jeli untuk dibuat detilnya adalah detil jahitan bagian kerah dari kostum Mighty Morphin Red ranger juga detil tepian di bagian mulut helmnya yang tidak lupa untuk dibuat. Detil bentuk mulutnya juga bagus untuk action figure ukuran 6.5". Pemilihan warna dalam mulut yang berwarna silver cocok dengan warna mulut yang ada helm asli di serialnya namun sayangnya untuk detil warna ada sedikit miss yaitu bagian motif gigi yang harusnya diberi warna silver juga tetapi dalam action figure ini ikut diikutkan warna putih seperti warna dominan tepian visor helmnya.

Pada bagian badan ini dapat diacungin jempol untuk detil sculptnya. Pertama, garis pinggiran pada bagian berbentuk wajik di bagian badannya diberi pahatan sehingga dalam proses pewarnaannya bisa mengetahui batas bagian mana saja yang dicat dan hasilnya terlihat rapi juga memberikan efek seperti jahitan kain putih berbentuk wajik di atas kain merah utamanya. Kedua, detil dari buckle sabuknya atau Power Morphernya. Detil pahatannya diberikan begitu jelas untuk membedakan bagian-bagian yang berbeda warnanya. Bahkan untuk Power Coin di tengahnya mencoba dibuat pahatan Power Coin berbentuk Tyrannosaurus walaupun tidak begitu terlihat setidaknya untuk sculptnya tidak malas untuk dibuat di bagian terkecilnya sekalipun. Seperti kata saya tadi, dapat dilihat di gambar untuk moldnya bagian pundak dan pergelangan tangannya yang belum bisa disembunyikan bentuk dari sendinya.

Setelah melihat secara keseluruhan dari action figurenya saya pun mencoba untuk bermain dengan menggerakkan sendi-sendinya. Kerapat dari setiap sendi-sendinya pas yang membuatnya mudah digerakkan untuk berpose, kuat, & tidak letoy. Total ada 34 titik artikulasi yang terdapat pada action figure lini mainan Power Rangers berlabel Legacy ini. Sebagian persendiannya sama seperti yang sudah ada dalam review sebelumnya dan yang membuat saya senang adalah sebagian sendi yang saya harapkan dari 2 review action figure sebelumnya terdapat di action figure ini.

1. Titik artikulasi yang wajib dimiliki action figure berartikulasi yaitu kepala dapat diputar 360° dari kiri maupun kanan secara leluasa tanpa ada batasan.
2. Sama seperti titik artikulasi nomor 1, artikulasi di bagian perut ini dapat digerakkan berputar secara leluasa 360° dari kiri maupun kanan.
3 & 4. Sendi yang menjadi satu dengan conector joint yang menyambungkan antara bagian badan dan lengan yang bisa menaikkan bagian lengan action figure Red Ranger 90°.
5 & 6. Persendian yang dapat ditekuk 90° dengan sempurna. Sebenarnya persendian ini adalah bagian dari connector joint yang menghubungkan biceps dan bawah lengan yang biasanya hanya ada 1 persendian namun di sini ada 2 persendian dalam 1 connector joint.
7 & 8. Salah satu yang membuat saya senang akhirnya saya mereview action figure yang memakai ball joint di bagian selangkang. Dengan menggunakan jenis joint seperti ini maka action figure dapat digerakkan lebih leluasa & mulus. 
9 & 10. Sama seperti persendian nomor 3 & 4. Persendian ini adalah bagian dari connector joint yang menghubungkan paha dan bagian betis yang biasanya hanya ada 1 persendian namun di sini ada 2 persendian dalam 1 connector joint. Bagusnya lagi kali ini lutut yang biasanya menjadi satu dengan bagian betisnya menjadi satu dengan connector jointnya.
11 & 12. Sendi yang menjadi harapan saya setelah review sebelumnya yaitu bagian ankle yang menggunakan ball joint yang menjadikan action figure ini lebih leluasa & smooth untuk dibuat berpose lebih ekstrim dibagian kaki.
13 & 14. Titik artikulasi yang menjadi essential, conector joint yang menyambungkan antara bagian badan dan lengan yang bisa menggerakkan lengan secara bebas untuk berpose.

15 & 16. Bisa digerakkan berputar 360° pada artikulasi bagian biceps kiri dan kanan seperti halnya pada bagian kepala dan perut bawah.
17 & 18. Masih menyambung dengan titik artikulasi nomor 5 & 6 yaitu 1 connector joint yang menyambungkan bagian biceps dan bawah lengan dengan 2 titik artikulasi. Sendi yang titiknya berada di bagian biceps ini dapat membantu action figure untuk berpose yang lebih leluasa.   
19 & 20. Artikulasi standard dalam setiap action figure artikulasi yaitu pergelangan tangan yang dapat diputar bebas 360° dari kiri ataupun dari kanan.
21 & 22. Bila biasanya action figure bagian pergelangan tangan ini hanya bisa diputar 360° maka kali ini titik artikulasi di bagian ini bisa ditekuk 180ยบ. Ini karena memiliki connector joint yang bebentuk bulat yang memiliki engsel di tengahnya sehingga bisa nyaman ditekuk. 
23 & 24. Di bagian paha juga tidak lupa untuk diberi titik artikulasi namun saya kira dapat diputar 360° namun hanya dapat sedikit diputar ke kiri ataupun ke kanan. Jangan dipaksa memutar bila tidak ingin patah.
25 & 26. Bagian sepatu boots di betis ini dapat diputar 360° sehingga memudahkan kita membuat suatu pose di bagian kaki.


27. Kepala Mighty Morphin Red Ranger ini dapat bergerak menengok ke atas dan ke bawah dengan nyaman tanpa harus takut bagian kepala ini patah.
28 & 29. Bandai memang dalam memproduksi action figure ini tidak ingin setengah hati memberikan titik artikulasi. Bahkan pada bagian telapak tangan diberi ball joint sehingga memudahkan untuk digerakkan.
30. Bagian tengah perutnya dapat banyak untuk ditekuk secara mudah ke depan dan ke belakang sehingga bisa dibuat untuk berpose menengadah, membusung, ataupun posisi duduk sempurna.
31 & 32. Masih menyambung dengan titik artikulasi nomor 9 & 10 yaitu 1 connector joint yang menyambungkan bagian paha dan betis dengan 2 titik artikulasi. Sendi yang titiknya berada di bagian paha ini dapat membantu action figure untuk berpose yang lebih leluasa.
33 & 34. Sendi pada bagian mata kaki yang masih dipertahankan porsi gerakannya yaitu yang dapat digerakkan ke depan maupun ke belakang ditambah menggunakan joint berbentuk bulat sehingga tekukannya lebih mudah digerakkan.

Perbedaan Power Rangers Legacy Figure & Legend Sentai Hero Series.
Sepertinya Bandai seperti ingin menerapkan apa yang ada di SHF ke Power Rangers Legacy 6.5" ini sehingga bisa dikatakan ini adalah SHFnya Amerika. Bandai tidak setengah-setengah dalam memberikan persendian di setiap titik artikulasinya. Esensi dari kata Legacy yang eksklusif terasa pada action figure ini seperti mold yang apik, kerapian cat, tinggi action figure, dan proporsi yang bagus daripada action figure Power Rangers sebelum-sebelumnya, juga bukan seperti action figure yang dibuat cuma kejar setoran. Sayangnya action figure Mighty Morphin Red Rangerini tidak diberikan senjata andalannya yaitu Power Sword sehingga rasanya agak sedikit mengganjal dan kurang. Meskipun terdapat kekurangan di beberapa tempat, dapat dimaklumi karena bisa saja Bandai masih melakukan percobaan dalam Series 1 dan melakukan pembenahan pada seri selanjutnya dan action figure ini sangat layak sekali bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan idola masa kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar